Dec 12, 2008

Makanan Pembasmi Stress

Diet manajemen stres
Manajemen stres merupakan cara yang bagus untuk menjaga kesehatan. Bukti menunjukkan bahwa terlalu banyak tekanan tidak hanya memperburuk mood Anda tetapi juga membuat tubuh mudah terserang berbagai penyakit seperti pilek, tekanan darah tinggi, hingga penyakit jantung. Banyak cara untuk mengatasi penyakit ini, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang dapat melawan stres.

Cara kerjanya
Makanan dapat memerangi stres dengan berbagai cara. Makanan yang menenangkan seperti semangkuk sereal hangat, bisa meningkatkan kadar serotonin, zat kimia otak yang menimbulkan efek menenangkan. Ada juga makanan yang dapat mengurangi kadar cortisol dan adrenalin, hormon penyebab stres. Diet yang bernutrisi juga bisa mengatasi dampak stres dengan meningkatkan kekebalan tubuh serta menurunkan tekanan darah.

Karbohidrat kompleks
Karbohidrat memicu otak untuk melepaskan lebih banyak serotonin. Untuk mendapatkan pasokan zat kimia otak ini dalam jumlah cukup, sebaiknya Anda mengkonsumsi karbohidrat kompleks yang dicerna secara lebih lambat. Sereal, roti, dan pasta, serta makanan dari tepung havermot bisa menjadi pilihan yang bagus. Karbohidrat kompleks juga bisa membantu membuat Anda merasa lebih seimbang dengan menstabilkan kadar gula darah.

Karbohidrat sederhana
Ahli diet juga merekomendasikan karbohidrat sederhana, seperti permen dan soda. Tetapi, makanan ini hanya dapat memulihkan stres untuk jangka waktu singkat. Gula sederhana dicerna dengan cepat, sehingga memicu pelepasan serotonin.

Jeruk
Jeruk kaya akan vitamin C. Studi-studi telah menunjukkan bahwa vitamin C dapat menurunkan kadar hormon stres serta menguatkan sistim kekebalan tubuh. Anda bisa mengkonsumsi suplemen jika Anda akan mengalami masa-masa berat yang memicu stres. Dalam sebuah studi, tekanan darah dan kadar cortisol kembali ke kadar normal dengan cepat ketika orang mengkonsumsi 3000 mg vitamin C sebelum melakukan tugas-tugas yang berat.

Bayam
Popeye si pelaut tidak pernah membiarkan stres mengganggunya, hal ini karena kandungan magnesium dalam bayam. Megnesium membantu mengatur kadar cortisol dan cenderung habis saat kita berada di bawah tekanan. Kekurangan megnesium bisa memicu sakit kepala dan kelelahan, hasil pencampuran efek stres. Mengkonsumsi bayam merupakan cara menyimpan magnesium. Anda tidak suka bayam? Cobalah mengkonsumsi kacang kedelai, salmon, yang juga kaya akan magnesium.

Ikan berlemak
Bertemanlah dengan ikan berlemak untuk menjaga kadar cortisol tetap di bawah kontrol. Lemak asam omega-3 yang banyak terdapat dalam tuna dan salmon, dapat mencegah peningkatan hormon stres dan melindungi dari penyakit jantung. Agar mendapatan asupan yang cukup, sebaiknya Anda mengkonsumsinya 3 ons paling tidak dua kali seminggu.

Teh hitam
Penelitian menunjukkan bahwa teh hitam dapat memulihkan stres Anda dengan cepat. Dalam satu studi, dibandingkan orang yang mengkonsumsi 4 gelas teh setiap hari selama 6 minggu dengan orang yang minum placebo. Peminum teh yang sebenarnya mengatakan bahwa mereka merasa lebih tenang dan kadar cortisol-nya lebih rendah setelah mengalami situasi yang memicu stres. Sedangkan kopi, meningkatkan kadar cortisol.

Buah kenari hijau
Buah kenari dapat memperlemah dampak hormon stres terhadap tubuh. Adrenalin meningkatkan tekanan darah dan memacu detak jantung saat Anda mengalami stres. Mengkonsumsi segenggam kenari setiap hari dapat menurunkan tekanan darah.

Alpukat
Satu cara terbaik menurunkan tekanan darah adalah mengkonsumsi potasium yang cukup. Setengah alpukat mengandung lebih banyak potasium daripada satu pisang berukuran sedang.

Almon
Almon kaya akan vitamin-vitamin. Ada vitamin E yang meningkatkan sistim kekebalan tubuh, juga sejumlah vitamin B, yang membuat tubuh lebih kuat selama mengalami stres. Agar mendapatkan manfaat ini, konsumsilah almon seperempat gelas per hari.

Sayuran mentah
Sayuran mentah yang renyah dapat melawan dampak stres secara mekanik. Mengkonsumsi daun seledri atau wortel bisa merilekskan rahang, juga meringankan sakit kepala.

Snack sebelum tidur
Mengkonsumsi karbohidrat sebelum tidur dapat memicu pelepasan serotonin dan membuat Anda tidur lebih nyenyak. Tetapi konsumsilah makanan ringan, karena makanan berat dapat menimbulkan rasa mulas.

Susu
Segelas susu hangat menjelang tidur juga dapat mencegah stres. Para peneliti sudah menemukan bahwa kalsium dapat mengurangi kekejangan otot dan mengurangi ketegangan, serta meredakan kecemasan. Para ahli diet menganjurkan Anda mengkonsumsi susu rendah lemak.

Kurangi stres dengan olahraga
Selain dengan diet, satu cara terbaik melawan stres adalah dengan berolahraga. Aerobik merupakan cara yang paling efektif, karena dapat meningkatkan sirkulasi oksigen dan memproduksi endorphin, zat kimia yang membuat Anda gembira. Untuk mendapatkan keuntungan maksimum, lakukanlah aerobik selama 30 menit 4 kali seminggu.


0 komentar:

Post a Comment

Silahkan beri komentar dibawah ini.
Komentar yang berbau Spam akan dihapus.
Terima Kasih

Design by Abdul Munir Visit Original Post Islamic2 Template