Apr 1, 2009

Mengenal lebih dekat, Hmoglobin

Kalo sampean anemia, sakit yang berdarah-darah dan sakit yang bikin gak bisa bangun sampek berhari-hari biasanya sama dokter disuruh periksa darah lengkap, salah satunya adalah pemeriksaan hemoglobin. Adakah diantara sampean yang pernah periksa darah lengkap? masalahnya sampek sekarang saya ini belum pernah melakukan periksa darah lengkap :D . gyahahaaaa.. Meskipun saya gak pernah diperiksa, tapi saya bisa meriksa darah lho, terutama hapusan darah tipis dan hapusan darah tebal *emang darah bisa dihapus ya? hehe*

Hemoglobin, Tukang antar oksigen ke seluruh tubuh

Hemoglobin adalah suatu protein dalam sel darah merah yang mengantarkan oksigen dari paru-paru ke jaringan di seluruh tubuh dan mengambil karbondioksida dari jaringan tersebut dibawa ke paru untuk dibuang ke udara bebas *lha kalo pake masker? halah*.

Hemoglobin terbuat dari empat molekul protein (globulin chain) yang terhubung satu sama lain. Hemoglobin normal orang dewasa (HbA) terdiri dari 2 alpha-globulin chains dan 2 beta-globulin chains, sedangkan pada bayi yang masih dalam perut atau yang udah lahir terdiri dari beberapa rantai beta dan molekul hemoglobinnya terbentuk dari 2 rantai alfa dan 2 rantai gama, makanya dinamakan sebagai HbF.

hemoglobinStruktur Hemoglobin

Setiap rantai globulin mengandung sebuah struktur penting yang sebut sebagai molekul “Heme”, lha di molekul heme inilah zat besi melekat dan menghantarkan oksigen serta karbondioksida melalui darah, zat ini pula yang menjadikan darah kita berwarna merah :) .Hemoglobin juga berperan penting dalam mempertahankan bentuk sel darah yang bikonkaf (kayak donat buntu, lihat gambar), jika terjadi gangguan pada bentuk sel darah ini, maka keluwesan sel darah merah dalam melewati kapiler jadi kurang maksimal. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa kekurangan zat besi bisa bikin anemia :) .

sel darah merah [640x480] Sel darah merah normal, bentuknya kayak donat buntu

Nilai Normal Hemoglobin

  • Anak-anak 11 – 13 gr/dl
  • Lelaki dewasa 14 – 18 gr/dl
  • Wanita dewasa 12 – 16 gr/dl

Jadi kalo nilainya kurang dari nilai diatas bisa dikatakan anemia, kalo nilai kelebihan malah polinemis.

sumber : http://juraganmedis.com

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan beri komentar dibawah ini.
Komentar yang berbau Spam akan dihapus.
Terima Kasih

Design by Abdul Munir Visit Original Post Islamic2 Template